Wednesday 21 June 2017

Mengetahui Perbedaan Asam Urat dan Rematik Serta Gejalanya

Inilah Perbedaan Asam Urat dan Rematik Dengan Gejala Yang di Timbulkannya. Oleh Riki Gustiana.
perbedaan asam urat dan rematik

Memang sulit untuk mengetahui perbedaan asam urat dan rematik. Kemiripan di antara kedua penyakit ini membuat sebagian orang menganggap keduanya merupakan penyakit yang sama, padahal sebetulnya tidak.

Kedua penyakit ini dapat timbul karena penumpukan kadar asam urat, sehingga orang yang terkena asam urat juga dapat terserang rematik karena penyebab dari kedua penyakit tersebut sama. Namun orang yang rematik tidak pasti mengidap asam urat.

Dari segi proses penyembuhan dan pencegahan kedua penyakit ini memang memiliki kesamaan. Biasanya para penderita asam urat dan rematik dapat terserang karena pola hidup mereka yang kurang sehat.

Oleh karena itu bagi Anda yang mengidap penyakit ini, buatlah pola hidup yang sehat seperti makan yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari yang menjadi pantangannya.

Aktivitas fisik atau olahraga ringan sangat bagus sekali bagi penderita asam urat dan rematik, karena melalui olahraga yang rutin maka kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berkurang.

Lalu apa yang membedakan asam urat dan rematik ?

Berikut Ini Adalah Perbedaan Asam Urat dan Rematik Beserta Gejala Yang di Timbulkannya

mengetahui perbedaan asam urat dan rematik

Belum banyak orang yang mengetahui tentang perbedaan asam urat dan rematik. Memang, gejala dan rasa yang di timbulkan hampir sama. Namun asam urat mempunyai rasa sakit yang lebih khas di banding rematik, asam urat menimbulkan serangan yang sangat spesifik yaitu pada bagian persendian.

Inilah fakta yang perlu Anda ketahui, rematik mempunyai cakupan yang lebih luas dari pada asam urat. Asam urat sendiri adalah salah satu cabang penyakit rematik. Mudahnya seperti ini, rematik belum tentu asam urat tetapi asam urat sudah pasti rematik.

Berikut adalah perbedaan asam urat dan rematik yang perlu Anda ketahui :

Gejala Rematik. Jenis gejala yang di timbulkan akibat rematik tentunya sangat berbeda dengan asam urat, asam urat biasanya menyerang bagian persendian tubuh. Akan tetapi penyerangan gejala rematik mencakup lebih luas, biasanya menyerang pada bagian tubuh seperti :

  • Punggung
  • Bagian Bahu
  • Bagian Leher
  • Hingga pinggang

Salah satu penyebabnya adalah sendi yang terinfeksi atau bisa juga karena adanya pengapuran. Bahkan dari semua penyebabnya yang di ketahui ada berjumlah 90 sebab, salah satu di antaranya adalah karena kristal asam urat yang menumpuk.

Gejala utama dari rematik meliputi :

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan / radang
  • Kekakuan di pagi hari yang berlangsung selama lebih dari 1 jam
  • Kelelahan
  • Sensitif terhadap rasa nyeri
  • Benjolan atau nodul di bawah kulit
  • Kelemahan
  • Demam ringan
  • Berat badan turun / anoreksia

Untuk mengetahui perbedaan asam urat dan reumatik, sebetulnya ada cara sederhananya yaitu mengeceknya ke laboratorium. Pengecekan bisa dilakukan dengan memerikasakan kadar asam urat dalam tubuh.

Jika diketahui asam urat tinggi, maka penderita perlu waspada karena reumatik juga berarti telah berpotensi menyerang penderita sebelumnya.

Hal ini membutuhkan penanganan yang cepat, suatu metode alami dapat Anda gunakan untuk mengobati asam urat seperti menggunakan jus segar untuk mengobati asam urat.

Selain itu ada juga cara meracik lengkuas untuk mengobati asam urat.

Sekarang sudah tahu kan perbedaan asam urat dan rematik, jadi jangan salah dalam melakukan penanganan yaa.

0 comments:

Post a Comment


 

Copyright © Sekedar Info. All rights reserved. Template by dadun360 & dadun360